Air Terjun Tancak

Sampai saat ini, Jember selalu terkenal dengan wisata alamnya berupa pantai. Akan tetapi, buat kamu yang ingin merasakan sensasi liburan yang sedikit berbeda, cobalah mengunjungi wisata air terjunnya. Salah satu yang paling terkenal adalah Air Terjun Tancak Jember.

Air Terjun Tancak terletak di tengah hutan yang ada di daerah Panti. Butuh perjuangan yang cukup melelahkan untuk bisa sampai ke air terjun tersebut. Namun kamu tidak perlu khawatir, perjalanan berat menuju air terjun dijamin tidak akan mengecewakan.

Lokasi dan Akses Menuju Air Terjun Tancak Jember

Air terjun ini berada di sisi selatan Gunung Argopuro, tepatnya di Desa Suci, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Dari pusat Kota Jember, kamu harus menempuh jarak 16 km menuju Desa Suci, lama perjalanan menghabiskan waktu sekitar 30–45 menit.

Namun itu belum termasuk perjalanan menuju lokasi air terjun. Soal transportasi, kamu bisa menggunakan mobil atau motor pribadi. Hanya saja, kendaraan ini tetap harus diparkir di satu tempat dan kamu wajib meneruskan perjalanan menuju air terjun dengan berjalan kaki.

Sebelum sampai di lokasi air terjun, kamu akan melewati area perkebunan milik PT. Perkebunan Nusantara. Begitu sampai di pabrik kopi, parkirlah kendaraan dan bersiap-siaplah berjalan kaki menjelajah hutan dan perkebunan.

Jangan pernah nekat untuk melanjutkan perjalanan dengan kendaraan karena medannya benar-benar tidak memungkinkan. Bahkan motor trail yang biasa digunakan di medan berat pun tidak akan mampu melewati jalanan menuju Air Terjun Tancak.

Jarak dari lokasi parkir hingga Air Terjun Tancak kurang lebih sejauh 3 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Selama perjalanan, kamu akan menyusuri perkebunan kopi, jalanan berbatu, hutan, serta sungai-sungai dengan air yang menyegarkan.

Daya Tarik Air Terjun Tancak

Air Terjun Tancak memiliki keindahan yang banyak diburu oleh para pencinta alam. Penasaran? Ini dia beberapa keistimewaannya.

Kondisi air terjun yang masih alami

Mengingat lokasinya yang masih di tengah hutan, tak mengherankan bila air terjun ini masih terlihat sangat alami. Akses jalannya yang cukup sulit juga membuat objek wisata tersebut tidak terlalu ramai oleh pengunjung.

Tapi bagi kamu yang menyukai pesona alam yang benar-benar natural dan jauh dari keramaian, Air Terjun Tancak adalah tujuan yang paling tepat. Air yang terjun dari ketinggian bukit tampak begitu megah dan pasti akan membuatmu berdecak kagum.

Sedangkan di sekeliling air terjun terlihat pepohonan hutan yang hijau dan sangat memanjakan mata. Air terjun ini sendiri memiliki ketinggian sekitar 82 meter. Karena sangat tingginya, banyak orang menyebutnya sebagai air terjun yang turun dari langit.

Tempat berenang yang seru

Air Terjun Tancak sangatlah jernih, dingin, dan pastinya menyegarkan. Rasanya sayang bila kamu jauh-jauh datang ke sini tapi tidak bermain air sedikit pun. Cobalah sedikit mendekat ke air terjun dan rasakan hempasan udaranya yang menyejukkan.

Area foto menarik

Keindahan Air Terjun Tancak memang wajib diabadikan dalam sebuah foto. Nah, buat para pencinta fotografi ataupun selfie, kamu bisa berfoto sepuasnya di sini. Dengan latar belakang air terjun dan pepohonan, dijamin fotomu jadi makin tampak cantik.

Taman Gunung Pasang

Di dekat lokasi Air Terjun Tancak, ada juga objek wisata lain yang tak boleh dilewatkan, yaitu Taman Gunung Pasang. Jadi selain ke air terjun, kamu bisa sekaligus mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

Taman Gunung Pasang cocok dikunjungi bersama keluarga atau teman. Di dalamnya terdapat taman bermain, tempat bersantai, dan tentunya berbagai fasilitas umum bagi para pengunjung.

Tips Mengunjungi Air Terjun Tancak Jember

Berlibur ke Air Terjun Tancak pasti akan jadi pengalaman yang tak terlupakan. Tapi untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, kamu sebaiknya mengikuti beberapa tips berikut ini.

Fisik yang prima

Kondisi tubuhmu harus dalam keadaan fit sebelum berangkat. Perjalanan menuju Air Terjun Tancak membutuhkan banyak energi dan pasti akan sangat melelahkan. Apalagi kamu harus naik turun bukit dan melewati jalanan berbatu.

Bawa bekal makan dan minum

Walau hanya sedikit, pastikan kamu tetap membawa bekal, terutama air minum. Berjalan kaki dalam waktu lama pasti akan membuatmu kehausan. Sedangkan untuk bekal makanan, kamu bisa menyantapnya saat sudah sampai di lokasi air terjun.

Berangkat saat musim kemarau

Jika ingin pergi ke Air Terjun Tancak, disarankan berangkat saat musim panas atau kemarau. Menurut pengalaman sejumlah orang, jalan menuju air terjun lebih berbahaya saat sedang musim penghujan. Jalanan akan berubah becek dan kamu pun lebih gampang terpeleset.

Pakai busana yang memadai

Jangan sampai salah kostum saat akan berlibur ke Air Terjun Tancak. Bagi yang perempuan, sebaiknya hindari memakai rok agar tubuhmu lebih mudah bergerak saat menyusuri bukit. Jangan lupa juga memakai sepatu/ sandal gunung untuk memudahkanmu berjalan kaki.

Jaga kebersihan

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah kamu wajib menjaga kebersihan di sekitar lokasi air terjun. Jangan pernah membuang sampah sembarangan dan mengotori air terjun yang masih alami itu.

Sebaliknya, bawa pulang sampahmu dan simpan dulu di tas atau saku baju. Barulah ketika keluar dari lokasi air terjun, kamu bisa membuangnya di tempat yang sudah disediakan.

• Lebih seru berangkat secara rombongan

Berwisata ke air terjun memang lebih enak dilakukan beramai-ramai bersama keluarga atau teman. Selain lebih seru dan menyenangkan, kamu dan yang lainnya bisa saling membantu saat melewati medan berat menuju lokasi air terjun.

Itu dia beberapa tips buat kamu yang ingin menghabiskan waktu liburan ke Air Terjun Tancak Jember. Selamat berlibur dan jangan lupa untuk selalu berhati-hati selama dalam perjalanan.

Tinggalkan komentar