Pesona Wisata Pantai Bandealit Jember

Berlibur ke Jember rasanya kurang lengkap bila tak mengunjungi objek wisata pantainya. Kota yang berada di Provinsi Jawa Timur ini memang dikenal memiliki banyak pantai. Salah satu yang paling menakjubkan adalah Pantai Bandealit.

Destinasi wisata yang satu ini sebenarnya masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Keindahan alamnya sudah pasti tak perlu diragukan lagi, bahkan pesonanya sudah dikenal luas di kalangan para wisatawan baik dalam maupun luar Kota Jember.

Untuk bisa menapakkan kaki di pantai bandealit kamu harus melewati area pedesaan hingga hutan yang ada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Akses jalannya sendiri tergolong cukup sulit dengan jalanan yang berbatu.

Walau begitu, perjalananmu dijamin tak akan membosankan. Pemandangan hutan dan sungai tentunya akan selalu memanjakan mata. Belum lagi kalau kebetulan bertemu dengan satwa liar, pastinya momen tersebut akan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Daya Tarik Wisata Pantai Bandealit

Pantai Bandealit memang menjadi salah satu objek wisata andalan di Kota Jember. Bukan tanpa alasan, lokasinya yang sedikit tersembunyi memang menyimpan banyak hal luar biasa yang mungkin tidak bisa ditemukan di pantai-pantai lainnya.

Pesona alam asri

Pantai Bandealit sering dijuluki sebagai surga tersembunyi yang ada di Kota Jember. Sebutan inipun tak berlebihan karena saat mengunjungi pantai ini, kamu pasti akan dimanjakan oleh keindahan alam yang benar-benar memukau.

Pantai Bandealit sendiri terkesan masih asri dan alami. Hamparan pasir yang sangat luas, pepohonan dan hutan yang hijau, serta pemandangan bukit yang seolah mengelilingi pantai dijamin bisa menyejukkan mata dalam sekejap.

Jika beruntung, kamu bisa melihat beberapa hewan liar seperti kera yang ada di area hutan. Kamu mungkin juga akan bertemu kawanan kepiting yang sedang berlarian di pasir pantai. Ini tentunya jadi pemandangan langka yang sangat jarang ditemukan di pantai-pantai lainnya.

Keasrian alam yang masih terjaga ini tak lepas dari peran pemerintah. Mengingat lokasinya berada di dalam Taman Nasional Meru Betiri, maka tak heran bila Pantai Bandealit benar-benar terlihat alami seolah tak tersentuh tangan manusia.

Suasana pantai yang tenang

Kalau kamu tidak suka berlibur di pantai yang terlalu ramai dan banyak orang, Bandealit bisa jadi pilihan yang tepat. Meski namanya sudah cukup terkenal, lokasi yang tersembunyi dan medannya yang agak sulit membuat pantai ini tidak terlalu sering dikunjungi wisatawan.

Jadi jangan kaget bila kamu ke sana lalu mendapati pantai yang cukup sepi. Namun, buat kamu yang suka dengan ketenangan, Pantai Bandealit adalah lokasi yang wajib didatangi saat berkunjung ke Kota Jember.

Olahraga air

Berlibur ke Pantai Bandealit tak akan lengkap kalau tidak melakukan olahraga air. Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini, mulai dari berenang, menyelam, atau menaiki kano yang disediakan oleh pihak pengelola Taman Nasional Meru Betiri.

Selain olahraga air, kamu juga bisa menyalurkan hobi memancing di sini. Jadi kalau pergi ke Pantai Bandealit, jangan sampai lupa membawa pancingan dan peralatan lainnya.

Pantai ini memiliki spot berbatu yang cukup tinggi dan cocok sebagai tempat untuk memancing.

Hutan mangrove

Pantai Bandealit memiliki muara sungai dengan air payau di sisi timur. Muara sungai ini cukup luas bahkan terlihat seperti danau. Nah, di sekitar muara sungai inilah terdapat hutan bakau atau mangrove yang menjaga kelestarian pantai.

Agrowisata

Pantai Bandealit Jember semakin lengkap dengan kawasan perkebunan yang dikelola langsung oleh perusahaan Bandealit. Perkebunan ini dipenuhi dengan tanaman buah-buahan dan kamu pun bisa langsung menikmatinya.

Berkemah

Buat kamu yang ingin merasakan sensasi pantai di malam hari, bisa juga, lho, menginap di tempat ini. Kamu dapat membawa tenda serta perlengkapan lainnya dan berkemah di camping ground yang ada di sekitar pantai.

Akan tetapi, kalau kamu tidak sempat membawanya, pengelola Pantai Bandealit juga sudah menyediakan perlengkapan kemah bagi para pengunjung, mulai dari tenda, hammock, hingga peralatan lainnya.

Pelepasan penyu

Di waktu-waktu tertentu, kamu mungkin bisa melihat langsung momen pelepasan tukik (bayi penyu) yang sebelumnya dikembangbiakkan di penangkaran.

Pelepasan tukik ke alam bebas ini dilakukan secara rutin dan kamu pun bisa ikut berpartisipasi di dalamnya.

Kondisi Jalan Menuju Pantai Bandelait

Harga Tiket dan Lokasi Pantai Bandealit

Harga tiket masuk ke lokasi wisata Pantai Bandealit terbilang sangat terjangkau, yaitu hanya Rp5.000 saja. Walau murah, kamu bisa menikmati suasana pantai yang benar-benar berbeda dengan semua keistimewaannya.

Untuk lokasinya, Pantai Bandealit terletak di Desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo, Jember, Jawa Timur. Jaraknya kira-kira 60 km dari pusat kota dengan waktu tempuh sekitar 3 jam, jadi pastikan kamu benar-benar mempersiapkan stamina sebelum melakukan perjalanan.

Pantai ini sendiri berupa teluk dan berada di sebelah selatan Kota Jember. Karena termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional Meru Betiri, maka kamu pun harus melewati hutan-hutan untuk bisa sampai ke pantai tersebut.

Satu hal yang harus diperhatikan adalah masalah transportasi. Berbeda dengan kebanyakan objek wisata lainnya, medan menuju Pantai Bandealit tergolong cukup ekstrem dengan jalanan yang berbatu sepanjang kurang lebih 10 km.

Kamu tidak disarankan pergi ke pantai ini menggunakan mobil atau motor biasa. Kamu sebaiknya menggunakan mobil double gardan (4×4) yang dapat menaklukan medan berat seperti jalanan berlubang atau berbatu.

Jika ingin memakai kendaraan roda dua, maka lebih disarankan memakai motor trail daripada yang biasa. Namun, kalaupun tidak memiki kendaraan seperti itu, kamu bisa menyewa mobil sejenis trooper sekaligus sopirnya untuk sampai ke tempat tujuan.

Pantai Bandealit Jember memang menyimpan sejuta pesona yang tak akan ada habisnya dibicarakan. Buat kamu para backpacker maupun pencinta alam, cobalah sesekali berkunjung ke pantai ini dan buktikan sendiri keindahannya.

Tinggalkan komentar