Wisata Pantai Paseban Kencong

Kota Jember memiliki potensi wisata yang tak bisa dipandang remeh. Kota yang terkenal dengan makanan suwar-suwirnya ini dikenal punya banyak wisata pantai yang tak kalah dengan daerah lain. Salah satunya adalah Pantai Paseban Jember yang terletak di Kencong.

Dibandingkan dengan objek wisata lainnya, nama Pantai Paseban mungkin belum sepopuler Watu Ulo atau Tanjung Papuma. Tapi jangan salah, Pantai Paseban juga punya daya tarik dan potensi wisata yang patut diperhitungkan.

Pantai Paseban biasanya sangat ramai saat waktu libur tiba, terutama saat hari raya lebaran. Dengan akses jalan yang cukup mudah, tarif masuk yang murah, serta pemandangan alam yang memesona, tak heran bila pantai ini sering jadi tujuan wisata keluarga.

Sayangnya, Pantai Paseban belum dikelola secara maksimal oleh pemerintah setempat. Jadi jangan heran bila kamu menemukan fasilitas yang cukup minim di pantai ini. Tapi soal keindahan panorama alamnya, kamu tidak perlu meragukannya lagi.

Lokasi Pantai Paseban Jember

Pantai eksotis ini terletak di selatan kota, tepatnya di Desa Paseban, Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pantai ini berjarak kurang lebih 55 km dari pusat Kota Jember dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1,5–2 jam perjalanan.

Lokasinya memang agak jauh dari kota, tetapi tidak ada salahnya menghabiskan waktu liburan ke Pantai Paseban. Apalagi, rute dan akses jalannya juga cukup mudah dilalui. Kamu bisa menggunakan mobil atau motor untuk sampai ke tempat ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Paseban

Harga tiket Rp7500/orang.
Karcis parkir sepeda motor Rp5000

Lebih detailnya bisa langsung tanya ke Facebook resminya, klik di sini.

Lihat juga: Harga tiket di pantai bandealit

Daya Tarik Pantai Paseban Jember

Sebagai salah satu objek wisata laut di Jember, Pantai Paseban memiliki daya tarik tersendiri. Buat kamu yang belum tahu tentang Pantai Paseban, ini dia beberapa hal menarik yang bisa ditemukan di sini.

Pantai berpasir hitam

Pantai Paseban memiliki pasir halus berwarna hitam. Pantainya sangat luas dan panjangnya mencapai 2 km. Dengan hamparan pasir yang begitu luas, kamu dapat melakukan berbagai aktivitas di sini.

Duduk di atas pasir sambil menikmati keindahan laut pastinya menyenangkan. Apalagi saat masih pagi atau menjelang sore, udaranya tidak terlalu panas dan cocok untuk bersantai. Bila datang beramai-ramai atau rombongan, kamu dapat bermain voli pantai di area ini.

Di beberapa titik, kamu akan melihat banyak perahu nelayan yang diparkir di daratan. Sambil menikmati pemandangan alam, kamu juga bisa melihat aktivitas para nelayan yang ada di Pantai Paseban ini.

Bermain air

Pantai Paseban cenderung landai sehingga cukup aman untuk bermain air di sini. Namun, disarankan untuk tidak berenang, apalagi sampai menjauhi bibir pantai karena ombak besar bisa datang kapan saja.

Bagaimanapun juga, tempat ini masih termasuk pantai selatan yang terkenal dengan ombak ganasnya. Jadi kalau kamu ingin bermain air, tetaplah waspada dan jangan sampai menjauh dari bibir pantai.

Menikmati pemandangan sunset

Keindahan matahari terbenam yang ada di tempat ini tidak kalah dengan pantai lainnya. Setelah lelah seharian bermain di pantai, beristirahatlah sejenak dan sempatkan waktu untuk melihat langit sore di ufuk barat.

Menjelang petang, langit yang berubah warna pasti akan jadi pemandangan yang luar biasa indah. Jangan lupa untuk mengabadikannya dengan kamera, kamu tidak bisa mendapatkan pemandangan seperti ini setiap hari, apalagi jika tempat tinggalmu berada di tengah kota.

Lihat: Keindahan Pulau Nusa Barong

Tips Wisata ke Pantai Paseban

liburan ke pantai paseban

Berlibur ke objek wisata yang satu ini bisa jadi momen paling menyenangkan asalkan semuanya dipersiapkan dengan matang. Buat kamu yang belum pernah berkunjung ke Pantai Paseban, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

Pilih waktu berkunjung yang tepat

Pantai Paseban biasanya cukup sepi saat hari-hari biasa. Kamu yang tidak suka suasana ramai sebaiknya pergi ke tempat ini pada waktu-waktu di luar hari libur. Kamu bisa menikmati suasana pantai yang cukup tenang dan jauh dari kebisingan.

Tapi kalau kamu termasuk tipe orang yang lebih suka suasana ramai, cobalah berkunjung saat hari libur tiba, terutama lebaran. Saat libur hari raya, pantai ini biasanya dipenuhi oleh para wisatawan, baik dari dari dalam maupun luar daerah.

Tidak hanya pengunjung, para pedagang makanan atau oleh-oleh juga ikut meramaikan kawasan pantai ini. Bahkan, di sepanjang jalan masuknya pun kamu akan disambut oleh banyak pedagang yang menjual berbagai jenis barang.

Persiapan yang memadai

Berlibur ke Pantai Paseban butuh beberapa persiapan, khususnya bagi kamu yang berasal dari luar kota Jember. Mengingat lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota, maka kamu harus mempersiapkan fisik sekaligus mengatur waktu dengan baik.

Misalnya, bila ingin berburu sunset di Pantai Paseban, tentunya kamu harus merencanakan semuanya agar bisa sampai di lokasi tepat waktu. Jadi, sebaiknya tidak berangkat terlalu sore agar tidak ketinggalan momen terbenamnya matahari.

Sebelum berangkat, pastikan kamu sudah mengetahui rute jalan menuju lokasi. Jika mengandalkan GPS, jangan lupa membawa ‘amunisi’ berupa gawai, kuota internet, dan pastinya powerbank.

Kamera juga termasuk salah satu barang yang wajib dibawa kalau kamu menyukai fotografi. Apalagi, Pantai Paseban menawarkan pesona alam yang begitu cantik dan sayang bila dilewatkan begitu saja.

Membawa bekal

Fasilitas di Pantai Paseban masih tergolong minim. Tidak banyak tempat makan yang bisa ditemukan di sini, khususnya saat hari biasa. Jadi, ada baiknya kamu menyiapkan bekal makanan/minuman agar tidak kelaparan, minimal bawa camilan untuk mengganjal perut.

Jangan buang sampah sembarangan

Hal terakhir tapi juga yang paling penting adalah tidak membuang sampah sembarangan. Sebagai pengunjung, kamu juga punya kewajiban untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan di sekitar pantai.

Menghabiskan hari libur ke Pantai Paseban Jember bisa menjadi pilihan tepat. Jadi, tunggu apa lagi? Segera rencanakan liburanmu ke Jember sekarang juga, lebih seru lagi bila bepergian bersama keluarga atau teman-teman dekat.

Ikan Hiu Tutul Terdampar

Hiu tutul tersebut berukuran panjang 9 meter ditemukan mati terdampar di pantai paseban, dan ini menjadi kasus kedua dalam dua bulan terakhir di Kabupaten Jember.

⁣Minggu (30/8/2020).

Tinggalkan komentar