Pantai Payangan

Pantai Payangan Jember, Pencinta Laut Wajib Datang ke Sini!

Bicara soal wisata, Jember mungkin belum sepopuler kota-kota besar seperti Bandung, Yogyakarta, atau Malang. Tapi siapa sangka kota yang terletak di Jawa Timur ini ternyata juga punya objek wisata yang menakjubkan, salah satunya adalah Pantai Payangan Jember.

Jember memang berbatasan langsung dengan laut selatan Jawa, jadi jangan heran bila kota ini punya banyak objek wisata pantai. Pantai Payangan sendiri namanya sudah dikenal luas di kalangan para wisatawan, baik dari dalam maupun luar kota.

Dibandingkan dengan Watu Ulo yang sudah terkenal sejak lama, Pantai Payangan termasuk destinasi liburan yang cukup baru di Kota Jember. Namanya bahkan baru populer sebagai tempat wisata sejak beberapa tahun terakhir.

Tapi jangan salah, pantai yang satu ini punya banyak keunikan yang pasti bikin kamu berdecak kagum. Justru karena masih tergolong baru, pesona Pantai Payangan malah terlihat memikat karena terkesan alami.

Sebagaimana wilayah pesisir pada umumnya, dulu pantai ini hanya dikenal sebagai kawasan para nelayan. Selain untuk tempat berlabuhnya perahu-perahu nelayan, sebagian wilayahnya juga dimanfaatkan sebagai tambak.

Namun, lambat laun keindahan pantai ini akhirnya menarik perhatian para wisatawan lokal. Sadar bahwa Pantai Payangan punya potensi yang patut diperhitungkan, warga setempat akhirnya bekerja sama mengelola objek wisata ini.

Masyarakat pun menyediakan sejumlah fasilitas untuk para pengunjung, seperti lahan parkir, toilet umum, serta tempat ibadah. Dengan fasilitas sederhana tapi cukup memadai, Pantai Payangan akhirnya berubah jadi primadona baru di Kota Jember.

Keunikan Pantai Payangan

Kamu mungkin penasaran dengan pesona keindahan Pantai Payangan. Nah, buat kamu yang belum tahu, ini dia beberapa keunikan pantai tersebut.

Pantai berpasir hitam

Pantai Payangan memiliki pasir berwarna hitam yang terlihat eksotis, namun lautnya sangat jernih dan cocok buat kamu yang suka sekali bermain air di pantai. Namun, kamu tetap harus berhati-hati karena Payangan termasuk pantai selatan yang kadang berombak besar.

Selain pasir hitam, ada pula area pantai dengan bebatuan yang cantik. Di tempat tertentu bahkan terdapat perahu-perahu yang sengaja diparkir para nelayan di sana. Kamu bisa, lho, selfie sepuasnya di sini.

Pemandangan bukit

Jember dikenal memiliki banyak perbukitan, tak terkecuali di wilayah Pantai Payangan. Di sekitar pantai, kamu akan menemukan bukit-bukit tinggi yang menambah keindahan alam, misalnya Bukit Samboja dan Suroyo.

Tempat ini cocok sekali untuk kamu yang suka foto-foto. Tak cuma itu, kamu pun bisa menaiki bukit ini hingga ke puncaknya. Aksesnya pun cukup mudah karena sudah disediakan jalur khsus untuk para wisatawan.

Gua Jepang

Di salah satu bukit yang ada di Pantai Payangan, terdapat Gua Jepang yang konon digunakan sebagai bungker pada masa penjajahan. Kalau penasaran dan cukup punya nyali, kamu juga bisa mengunjungi dan memasuki gua ini.

Teluk Love

Spot andalan sekaligus daya tarik utama Pantai Payangan adalah Teluk Cinta atau Teluk Love. Dinamakan demikian karena memang ada bagian pantai yang daratannya melengkung membentuk hati.

Untuk melihat keindahan Teluk Cinta ini kamu harus menaiki salah satu bukit di sana. Jika kamu melihat ke arah timur, pasti akan terlihat garis pantai yang indah dan menyerupai bentuk love.

Karena keindahan Teluk Cinta inilah tempat tersebut tak hanya cocok untuk selfie, tapi juga bisa dijadikan sebagai lokasi pemotretan seperti pre-wedding.

Sunset dan Sunrise

Salah satu hal yang paling dinanti-nanti saat berada di Pantai Payangan adalah melihat keindahan matahari, baik terbit maupun terbenamnya. Paduan laut dengan warna langit yang bergradasi oranye pasti menambah kesan romantis bagi siapapun yang menikmatinya.

Lokasi berkemah

Tak hanya menikmati keindahan sunset dan sunrise, kamu juga bisa melakukan aktivitas berkemah di pantai ini. Ada spot khusus yang memang disediakan untuk camping, terutama di area rerumputan di sebelah timur.

Di sini kamu bisa menikmati suasana pantai saat malam hari. Akan semakin seru kalau ditambah dengan acara barbeku bersama teman-teman atau keluarga. Lalu di pagi harinya, kamu bisa menyaksikan matahari terbit di ufuk timur. Sangat mengasyikkan sekali, bukan?

Lokasi Pantai Payangan Jember

Pantai Payangan berada di Dusun Sidomulyo, Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Dari pusat Kota Jember, kamu hanya perlu menempuhnya dalam waktu sekitar 1 jam dengan jarak kurang lebih 35 km.

Rute ke Pantai Payangan juga relatif mudah karena hampir sama dengan akses menuju objek wisata terkenal lainnya seperti Watu Ulo. Kalau sudah sampai di Kecamatan Ambulu, kamu tinggal mengambil jalur jalan menuju ke selatan.

Kamu tidak perlu takut tersesat karena ada cukup banyak papan penunjuk arah ke lokasi Pantai Payangan. Dan agar perjalananmu jauh lebih mudah, disarankan untuk tidak menggunakan transportasi umum, melainkan kendaraan pribadi atau menyewa.

Tiket Masuk Pantai Payangan Jember

Tiket masuk objek wisata Pantai Payangan adalah Rp5.000 saja. Kabarnya Pantai Payangan belum mendapat perhatian khusus dari pihak pemerintah, artinya lokasi ini masih dikelola sendiri oleh masyarakat setempat.

Itulah kenapa harga tiket masuknya relatif terjangkau dan cocok untuk dikunjungi secara rombongan. Namun, meskipun tiketnya sangat murah, kamu sudah bisa menikmati keindahan pantai dan berbagai fasilitas yang disediakan oleh masyarakat sekitar.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Kalaupun kamu kesulitan menemukan tempat sampah, jangan buru-buru dibuang begitu saja. Sebaiknya dibawa dulu dan baru dibuang ketika sudah menemukan tempat sampah.

Pantai Payangan Jember memang tidak kalah cantik dengan objek wisata lainnya. Meski tergolong baru dan masih dikelola swadaya oleh warga, Pantai Payangan termasuk tempat wajib yang harus dikunjungi saat kamu berada di Jember.

Tinggalkan komentar