Pantai Puger, Harga Tiket, dan Tempat Pelelangan Ikan

Nama Pantai Puger Jember tentu sudah tak asing lagi bagi para wisatawan, khususnya yang berasal dari Jawa Timur. Pantai yang berada di sisi barat daya Kota Jember ini setidaknya dikenal karena pasar ikannya.

Dari dulu Pantai Puger memang dikenal sebagai kawasan para nelayan. Kalau berkunjung ke sini, kamu bisa menemukan puluhan bahkan mungkin ratusan perahu nelayan yang berlabuh di sepanjang pantai.

Layaknya desa nelayan pada umumnya, Puger juga memiliki pasar ikan yang selalu ramai, terutama ketika para nelayan berdatangan membawa hasil tangkapannya. Di sini, kamu bisa berbelanja ikan segar sepuasnya, tentu dengan harga yang jauh lebih murah.

tempat pelelangan ikan pantai puger

Selain area pelabuhan dan pusat pelelangan ikan, Puger juga memiliki dua objek wisata lain yang tak boleh dilewatkan, yaitu Pantai Pancer dan Kucur. Lokasinya saling berdekatan sehingga kamu bisa mendatangi beberapa tempat wisata ini dalam satu waktu.

Lokasi Pantai Puger

Pantai puger berlokasi di Desa Puger Wetan, Kecamatan Puger, Jember, Jawa Timur. Dari pusat Kota Jember, jaraknya sekitar 39 km dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam.

Namun, bila lalu lintas jalanan agak macet, kamu harus menempuh perjalanan selama sekitar 2 jam.

Rute termudah menuju Pantai Puger dari Kota Jember adalah berturut-turut melalui Jl. Nasional III, Jl. Gajah Mada, dan Jl. Lumajang Jember. Di jalan ini, kamu akan menjumpai petunjuk arah menuju destinasi liburan serumu.

Harga Tiket Masuk Pantai Puger Jember

Untuk masuk ke wilayah Pantai Puger, kamu tidak perlu membayar tiket seperti objek wisata lainnya.

Kamu hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Lihat Juga: Harga Tiket Pantai Paseban

Daya Tarik Wisata Pantai Puger

Pantai Puger merupakan salah satu objek wisata terpopuler di Jember. Penasaran apa saja keistimewaan pantai nelayan ini? Yuk, simak lebih lanjut!

Pusat jual beli ikan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Pantai Puger bisa dikatakan sebagai pusatnya hasil laut di Jember. Di sini, kamu bisa menemukan tempat pelelangan ikan yang bisa jadi surga bagi para pencinta sea food.

Kamu tak hanya akan menemukan beragam jenis ikan segar, tapi juga makanan lainnya. Ikan asin dan terasi olahan masyarakat setempat juga bisa kamu dapatkan di sini.

Yang pasti, harga ikan lebih murah daripada di kota-kota besar, bahkan harganya masih bisa ditawar.

Kalau ingin menikmati keramaian pasar, sebaiknya kamu datang saat pagi hari. Ini adalah waktu ketika para nelayan baru pulang dari melaut dan membawa ikan-ikan segar.

Selain itu, kamu juga bisa lebih nyaman berkeliling pasar karena udaranya belum terlalu panas.

Lokasi berselancar

Pantai Puger memiliki ombak laut selatan yang cukup ganas. Karena terlalu ganasnya, sudah banyak kejadian perahu nelayan yang hancur gara-gara dihantam ombak laut.

Akan tetapi bagi para peselancar, gelombang tinggi ini justru jadi hal yang paling dicari-cari.

Tak hanya menarik perhatian para peselancar lokal atau dalam negeri, tapi juga mancanegara.

Buktinya, pantai ini pernah jadi tuan rumah sebuah event besar bertajuk Puger International Surf Exhibition di tahun 2008 silam.

Baca ini: Lokasi Cantik Pulau Nusa Barong

Spot foto menarik

Berlibur ke pantai rasanya memang kurang lengkap kalau tidak foto-foto alias selfie. Pantai Puger sendiri menawarkan keindahan alam yang cukup memanjakan mata, terutama di pantai bagian baratnya yang memiliki hamparan pasir yang sangat luas.

Kamu juga bisa berfoto dengan latar belakang perahu-perahu nelayan yang penuh warna. Datangi saja area pelabuhan Pantai Puger yang juga berdekatan dengan pasar ikan. Kamu bisa puas melihat-lihat aktivitas para nelayan sekaligus mengabadikannya dengan kamera.

Pantai Pancer

Saat berkunjung ke Puger, kamu wajib mendatangi semua objek wisata pantai yang ada wilayah ini. Selain Pantai Puger yang terkenal sebagai pusat pelelangan ikan, cobalah pergi ke Pantai Pancer yang memiliki pesona alam menakjubkan.

Lokasinya tidak jauh dari area pelabuhan dan pasar ikan. Pantai Pancer memiliki hamparan pasir hitam yang terlihat eksotis. Sayangnya, pantai ini belum dikelola dengan baik sehingga lokasinya terlihat agak kotor karena banyaknya sampah berupa ranting-ranting pohon.

Soal fasilitas, kamu bisa menemukan tempat berteduh, horse riding, serta sejumlah warung makan untuk mengisi perut. Bila berjalan ke arah barat, kamu juga akan menemukan mercusuar yang masih aktif sampai saat ini.

Sementara di sisi timur, ada bangunan pemecah ombak (break water) yang memanjang ke tengah laut. Tempat ini sangat cocok untuk sekadar bersantai, selfie, atau dijadikan spot memancing.

Bila datang saat sore hari, kamu juga bisa menikmati pemandangan sunset yang memukau. Namun pastinya, kamu harus tetap berhati-hati karena bagaimanapun juga ombak besar bisa datang sewaktu-waktu.

Kucur Puger

Masih di dekat area pelabuhan Puger, ada objek wisata lain yang wajib kamu kunjungi, yaitu Pantai Kucur. Lokasinya berada di seberang Pantai Puger sehingga kamu harus menyeberang menggunakan perahu.

Harga sewa perahu tidak terlalu mahal, cukup merogoh kocek sebesar Rp10.000, kamu akan tiba di Pantai Kucur yang terkesan masih alami. Berbeda dengan Pantai Puger yang selalu ramai dengan wisatawan dan nelayan, lokasi ini relatif masih sepi pengunjung.

Pantai Puger Jember memang jadi salah satu destinasi liburan yang cukup direkomendasikan bagi para wisatawan, terutama kamu yang ingin berburu ikan segar dan murah. Tapi selama berkunjung ke sini, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan, ya!

Tinggalkan komentar