Pulau Nusa Barong – Rekommended Buat Para Pecinta Alam

Kota Jember sebenarnya menyimpan banyak tempat eksotis dengan panorama alam yang memukau. Kalau kamu bosan dengan objek wisata yang itu-itu saja, cobalah sekali-sekali mengunjungi Pulau Nusa Barong Jember yang ada di selatan Jawa.

Pulau ini bisa dibilang sangat terpencil dan tidak berpenghuni, dan sampai saat ini sedikit sekali orang yang berhasil menyusuri dan mengetahui seluk-beluk Nusa Barong. Konon kabarnya, pulau ini juga menyimpan berbagai cerita mistis dan kisah-kisah menyeramkan.

Mungkin hal ini juga yang membuat para turis enggan untuk mendatangi pulau tersebut. Tapi sebenarnya kendala utama yang membuat Nusa Barong tidak dilirik banyak wisatawan adalah aksesnya yang cukup sulit.

Karena tidak berpenghuni, Nusa Barong otomatis tidak memiliki fasilitas apapun seperti objek wisata pantai lainnya. Jadinya hanya orang-orang tertentu dengan jiwa petualang yang berminat untuk mendatangi pulau kecil tersebut.

Pulau Nusa Barong Merupakan Kawasan Cagar Alam yang Sangat Eksotis

Nusa Barong, Kawasan Cagar Alam yang Sangat Eksotis

Pulau Nusa Barong sebenarnya adalah kawasan cagar alam yang sudah ditetapkan puluhan tahun silam. Pulau ini merupakan pusat konservasi berbagai jenis tumbuhan dan satwa liar, seperti penyu, lutung, elang laut, dan masih banyak lagi.

Tapi keindahan Nusa Barong akhirnya membuat banyak orang tertarik untuk menginjakkan kakinya di pulau ini. Karena tak berpenghuni dan jarang sekali dikunjungi wisatawan, pantai di Nusa Barong pun terlihat sangat alami dan begitu menakjubkan.

Bicara soal panorama, banyak orang yang membandingkan Nusa Barong dengan Kepulauan Phi Phi di Thailand yang keindahannya sudah tersohor ke seluruh dunia. Bahkan banyak juga, lho, wisatawan yang menyebut Nusa Barong sebagai Phi Phi-nya Indonesia.

Di Nusa Barong, kamu akan melihat pantai yang benar-benar menawan. Air laut dengan gradasi warna birunya berpadu cantik dengan pasir halus di daratan.

Ditambah dengan bukit berbatu yang menjulang tinggi, kamu akan merasakan sensasi liburan seperti di luar negeri.

Nusa Barong memiliki beberapa area pantai yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Tapi untuk menyusuri lokasinya, kamu sebaiknya bertanya dulu atau langsung dipandu oleh nelayan setempat yang tahu betul tentang pulau ini.

Rute Menuju Pulau Nusa Barong

Akses menuju Nusa Barong sebenarnya tidak terlalu sulit, tapi cukup menantang dan menguji adrenalin. Pasalnya, kamu harus menyeberangi lautan dengan biaya yang tak sedikit untuk mencapai pulau tersebut.

Setidaknya ada dua rute yang bisa jadi pilihan, yaitu lewat Pantai Puger atau Tanjung Papuma. Tapi kebanyakan orang lebih memilih lewat Puger karena dianggap lebih mudah dan cepat.

Pantai Puger sendiri berjarak kira-kira 40 km dari pusat Kota Jember dengan waktu tempuh sekitar 1–1,5 jam, tergantung kondisi lalu lintas yang ada. Di Pelabuhan, kamu bisa menyewa kapal nelayan untuk menyeberangi l a ut menuju Pulau Nusa Barong.

Harga sewa kapal pun sangat bervariasi, tapi rata-rata para nelayan mematok harga di kisaran Rp1,5 juta (termasuk penjemputan). Satu kapal mampu menampung 10 penumpang, jadi sebaiknya kamu berwisata secara rombongan agar biayanya bisa patungan.

Menyeberang dari Puger ke Nusa Barong bisa memakan waktu hingga 1–2 jam. Nelayan yang menyewakan kapal biasanya sudah cukup sering ke Nusa Barong.
Mereka akan langsung mengantarmu ke spot-spot tertentu yang memang sudah terkenal di kalangan wisatawan.

Cocok Bagi Para Pencinta Alam

Kalau kamu mengharapkan objek wisata yang penuh dengan fasilitas mewah, Nusa Barong bukanlah tempatnya.

Namun, kalau kamu memang pencinta alam yang ingin merasakan sensasi berwisata di pulau tak berpenghuni, Nusa Barong adalah pilihan yang paling tepat.

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di pulau tersebut, ini dia di antaranya:

Berenang sepuasnya

Begitu melihat pemandangan pantai yang sangat cantik, kamu tidak akan tahan dan ingin segera menceburkan diri ke dalam air. Berenang-renang di pantai yang ada di Nusa Barong memang jadi kegiatan favorit para wisatawan.

Airnya bersih dan jernih, suasananya pun sangat sepi dan sunyi seolah-olah kamu sedang berada di pantai pribadi yang jauh dari dunia luar. Percaya deh, berlibur ke Nusa Barong pasti akan jadi momen tak terlupakan seumur hidup.

Snorkeling

Kamu juga bisa snorkeling untuk menikmati keindahan bawah lautnya. Jangan lupa juga bertanya pada nelayan yang mengantarmu tentang lokasi mana saja yang aman dan bagus untuk snorkeling.

Memancing

Memancing jadi salah satu aktivitas yang biasa dilakukan para pengunjung saat berada di Nusa Barong. Kamu bisa memancing di tengah laut menggunakan perahu nelayan. Berbagai jenis ikan pun bisa kamu dapatkan di sini, mulai dari kerapu hingga kakap merah.

Hunting foto

Pesona alam Nusa Barong yang memukau pastinya harus diabadikan dengan kamera. Banyak sekali tempat-tempat cantik yang bisa dijadikan lokasi selfie atau foto bersama rombongan. Pastikan juga baterai kameramu terisi penuh agar kamu bisa puas memotret tiap sudut pulau.

Berkemah

Buat kamu yang ingin merasakan sensasi menginap di pulau terpencil, berkemah bisa jadi aktivitas yang menyenangkan. Namun, karena Nusa Barong tidak memiliki fasilitas wisata apapun, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan.

Pastikan kamu membawa perlengkapan tenda yang cukup memadai. Kamu juga harus membawa berbagai peralatan yang mungkin dibutuhkan, seperti pisau, korek api, dan peralatan camping lainnya.

Jangan lupa untuk mendirikan tenda agak jauh dari bibir pantai agar tidak terkena air pasang saat malam hari. Terakhir, kamu harus membawa persediaan air tawar yang cukup untuk segala kebutuhan, khususnya untuk minum.

Berlibur ke Pulau Nusa Barong Jember ternyata sangat mengasyikkan, bukan? Kalau kamu menginginkan objek wisata yang seru dengan sensasi berbeda, cobalah mengunjungi pulau terpencil ini. Dijamin liburanmu akan semakin berkesan dan tak terlupakan.

Lokasi Pantai Nusa Barong

Lihat juga wisata: Air Terjun Tancak Jember

Tinggalkan komentar