Suwar Suwir Jember Makanan Khas Kita

Telusurjember.com – Jember merupakan kota kecil di Jawa Timur yang memiliki begitu banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Berwisata atau sekadar singgah di Jember, kurang lengkap jika tidak membeli oleh-oleh khasnya.

Selain prol tape, suwar suwir Jember adalah salah satu yang direkomendasikan. Suwar suwir adalah makan ringan dari tape berbentuk persegi dan berwarna-warni. Berikut ini beberapa fakta tentang suwar suwir yang harus kamu tahu.

1. Rasanya Manis dan Asam

Kemasan suwar suwir khas jember
instagram.com/pee.tha

Bentuk suwar suwir hampir sama dengan dodol, tetapi rasa dan teksturnya berlainan. Rasanya lebih manis dan ada sedikit asam dari tape. Sedangkan teksturnya lebih padat dari dodol, hanya saja lebih empuk dan lembut di lidah.

Camilan ini dibuat dengan berbagai rasa. Selain rasa orisinal, suwar suwir juga memiliki beragam variasi seperti sirsak, stroberi, pandan, dan cokelat. Warnanya juga dibuat lebih menarik seperti hijau, merah, putih, dan cokelat.

2. Kaya Nutrisi dan Bebas Kolesterol

Suwar suwir tidak hanya enak, tetapi juga memiliki beberapa kandungan nutrisi. Kandungan gizi di dalamnya antara lain kalori, protein, lemak, dan karbohidrat dari tape. Di samping itu, camilan ini juga mengandung fosfor, kalsium, zat besi, dan vitamin B1.

Karena tidak mengandung kolesterol, suwar suwir aman dikonsumsi siapa saja. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir menikmatinya sebagai camilan saat santai atau sambil jalan-jalan di tempat wisata.

3. Dibuat dari Tape Bondowoso

Pembuatan suwar suwir menggunakan bahan utama tape singkong dan gula pasir, ditambah campuran sirsak. Sebagian besar pembuat suwar suwir menggunakan tape singkong yang berasal dari Bondowoso.

Sedangkan sisanya menggunakan tape yang tersedia di pasar tradisional terdekat sebagai bahan baku. Namun, ada pula yang membeli singkong dari petani, kemudian membuat tape sendiri untuk selanjutnya diolah menjadi suwar suwir.

Tape Bondowoso memiliki rasa yang manis sehingga rasa suwar suwir lebih enak, juga mengurangi penggunaan gula dalam produksinya. Menurut sejumlah pembuat suwar suwir, jenis tape yang digunakan sangat memengaruhi rasa suwar suwir yang dihasilkan.

Cara membuat suwar suwir hampir sama dengan dodol atau jenang. Tape dicampur gula dan aduk dengan mesin pencampur sehingga adonan menjadi halus. Selanjutnya dimasak dengan wajan besar dan diaduk hingga rata dan kental.

Selanjutnya diratakan di atas loyang dan tambahkan dengan pewarna makanan. Agar menjadi suwar suwir yang biasa kamu lihat di toko-toko, adonan yang sudah mengeras dipotong kecil-kecil, lalu dibungkus kertas minyak dilapisi plastik.

4. Sudah Ada Sejak Zaman Belanda

makanan khas jember
instagram.com/pee.tha

Suwar suwir, camilan berbahan dasar singkong fermentasi bisa dikatakan sebagai ikon Jember, padahal Kabupaten Bondowoso di sebelahnya dikenal sebagai penghasil tape. Berdasarkan penelusuran sejarah, Jember terbentuk sesudah Bondowoso.

Karena tingginya pergerakan masyarakat dari Jember ke Bondowoso dan sebaliknya pada zaman Belanda, maka terhasil akulturasi budaya, termasuk dalam hal makanan. Itulah mengapa suwar suwir Jember kebanyakan dihasilkan dari tape Bondowoso.

Munculnya panganan suwar suwir sendiri terjadi karena kreativitas masyarakat dalam memanfaatkan sisa tape yang tidak laku dijual. Dulu, suwar suwir disebut siwir siwir, ada juga yang menyebut nangka belanda, karena rasanya mirip dengan buah sirsak.

Mulanya, untuk menyantap makanan ini harus disuwir atau disobek kecil-kecil, sehingga teksturnya tampak seperti sirsak. Pada perkembangan selanjutnya, tekstur suwar suwir dibuat lebih padat dan agak keras.

5. Mudah Didapat

Suwar suwir jember
instagram.com/kristinakomala

Mengakhiri kunjungan di kota yang terkenal dengan Jember Fashion Carnival-nya ini, kamu wajib membeli oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman di rumah. Kamu bisa membawa pulang suwar suwir, madu kuning, atau prol tape sebagai buah tangan.

Jika ingin membeli beragam oleh-oleh di satu tempat, kamu bisa menuju ke Jalan Gajah Mada. Ada banyak toko oleh-oleh yang bisa kamu pilih. Yang paling terkenal, yaitu toko Sumber Madu dan Toko Slamet. Serta Toko Primadona yang tak jauh dari Pasar Tanjung, Jember.

Ketika musim liburan atau lebaran, kondisinya memang sangat ramai, sehingga toko-toko di sana selalu penuh. Namun, jangan risau karena biasanya stok selalu tersedia.

Harga suwar suwir dibanderol mulai Rp10.000 hingga Rp20.000, tergantung ukuran kemasannya. Jika tidak sempat mencari camilan ini di toko oleh-oleh, kamu juga bisa membelinya secara online dengan harga mulai Rp30.000 per kilogram.

Suwar suwir juga dapat kamu beli di warung dan toko-toko oleh-oleh lain yang tersebar di Jember. Karena kemasannya yang ringkas dan tidak makan tempat, kamu bisa membelinya dalam jumlah banyak tanpa khawatir memenuhi bagasi.

Cara Membuat Suwar Suwir

Membuat suwar suwir khas jember
instagram.com/pee.tha

Jika belum berkesempatan pergi ke Jember, kamu juga bisa mencoba membuat suwar suwir sendiri. Bahan-bahan yang harus kamu siapkan, yaitu:

  • 500 gr tepung ketan,
  • 50 gr tepung beras,
  • 100 gr tape singkong yang sudah matang,
  • 250 gr gula merah,
  • 300 gr gula pasir,
  • 1/2 sdm garam,
  • 1 gelas santan kental, dan
  • 750 ml susu cair.

Cara membuatnya, yaitu sebagai berikut

  1. Campurkan tepung beras, tepung ketan, tape singkong, dan garam, kemudian sisihkan.
  2. Masak gula pasir, susu cair, dan gula merah, lalu saring.
  3. Masak kembali cairan yang sudah disaring,
  4. Masukkan campuran tepung dan tape ke dalamnya.
  5. Aduk rata hingga berbentuk seperti bubur.
  6. Tambahkan santan kental sedikit demi sedikit.
  7. Aduk hingga kental dan berminyak, angkat.
  8. Tuangkan adonan ke dalam loyang, kemudian dinginkan.
  9. Jika adonan sudah mengeras, potong kecil-kecil sesuai ukuran yang kamu inginkan. Suwar suwir khas Jember kreasi sendiri siap dinikmati.

Nah, setelah mengetahui beberapa fakta tentang suwar suwir khas Jember di atas, pastinya kamu sudah tidak penasaran lagi kan. Jika ingin menikmati suwar suwir yang asli dari tempat asalnya, masukkan Kota Jember sebagai destinasi liburanmu nanti “Oke”.

2 pemikiran pada “Suwar Suwir Jember Makanan Khas Kita”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.