Wisata Simbat Jember Tempat Seru untuk Habiskan Liburan

Pariwisata Kota Jember semakin berkembang dan memunculkan beberapa tempat rekreasi baru yang mengundang banyak wisatawan. Salah satu yang sedang populer saat ini adalah wisata Simbat Jember yang ada di daerah Wuluhan.

Warga lokal kini tak perlu jauh-jauh ke luar kota untuk menikmati destinasi wisata kekinian. Kamu, yang berasal dari luar daerah pun, boleh sekali ikut mencicipi objek wisata Simbat yang tergolong baru di Jember.

Meski masih baru, nama Simbat sebagai tempat wisata cukup cepat meroket di kalangan turis lokal. Apalagi saat wisata Simbat baru dibuka, artis Anang Hermansyah dan Ashanty pernah mendatangi tempat ini sehingga semakin membuat banyak orang penasaran.

Wisata Simbat Jember

Wisata Simbat memang masih agak asing di telinga para pencinta traveling, khususnya yang berasal dari luar kota. Walau tergolong baru, tempat wisata ini patut untuk kamu kunjungi bersama keluarga atau teman-teman dekat.

Nama Simbat sendiri ternyata memiliki makna dan merupakan singkatan dari Sukmo Ilang Manggar Babatan. Sukmo Ilang adalah nama tempat wisata ini. Manggar merupakan nama gunungnya, sedangkan Babatan adalah orang/warga yang mengelola tempat tersebut.

Asal usul dibukanya wisata Simbat rupanya juga cukup menarik. Semua bermula dari kawasan Sukmo Ilang yang menjadi sasaran penambangan liar. Sedangkan warga setempat mulai resah karena penambangan liar sangatlah merugikan lingkungan.

Karena daerah tersebut memiliki kondisi alam yang bagus, sekaligus demi mencegah penambangan liar, warga setempat akhirnya berinisiatif mengubah daerahnya menjadi lokasi wisata. Wisata Simbat sendiri baru resmi dibuka pada bulan April 2017 lalu.

Wisata Kekinian untuk Anak Muda

Meski tergolong baru, jangan anggap remeh objek wisata yang satu ini. Wisata Simbat punya banyak keistimewaan dan cocok dijadikan tempat rekreasi di akhir pekan. Selain bisa menikmati panorama alam yang menyejukkan, kamu bisa menemukan hal-hal unik lainnya.

Taman Bunga

wisata simbat
Facebook: Laras Gumilang

Salah satu spot favorit para pengunjung adalah taman bunga yang terhampar cantik di tempat ini. Berbagai bunga warna-warni yang bermekaran pasti akan membuatmu ‘gatal’ ingin cepat-cepat selfie.

Taman bunga inipun sudah diberi jalur khusus bagi para pengunjung. Jadi, pastikan kamu tidak melewati batas apalagi sampai menginjak-injak tanaman, ya! Asalkan difoto dari sudut yang tepat, kamu pasti akan terlihat seperti sedang berada di tengah taman bunga.

Spot Foto Kekinian

Instagram: @ddnsyog_

Setelah masuk ke kawasan Simbat, kamu bisa berfoto sepuasnya di sini karena banyak sekali tempat yang instagramable. Tapi seolah paham dengan apa yang diinginkan para wisatawan, pihak pengelola pun membangun sejumlah spot foto kekinian di tempat ini.

Kamu bisa mengambil gambar di gapura Simbat yang terbentuk dari batang dan ranting pohon, atau lokasi foto yang dibentuk sedemikian rupa seperti sarang burung dengan background pegunungan. Semuanya terlihat unik dan dijamin bikin kamu ketagihan selfie.

Mendaki Gunung Manggar

Para pengunjung juga dibolehkan mendaki Gunung Manggar untuk melihat pemandangan dari atas bukit. Dan di tempat inilah beberapa spot foto sering jadi buruan banyak orang tetapi ingat, kamu harus selalu berhati-hati selama menaiki bukit atau saat sedang foto-foto di atas.

Fasilitas yang Memadai

Umurnya memang masih baru, tapi objek wisata Simbat sudah menyediakan fasilitas yang cukup baik untuk para pengunjung. Kamu tidak akan kesulitan menemukan fasilitas seperti tempat ibadah (musala), toilet, warung makan, atau gubuk-gubuk peristirahatan.

Pihak pengelola wisata Simbat juga sudah menyediakan lahan parkir yang memadai. Kamu hanya perlu membayar sebesar Rp3.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil, tapi harga ini bisa berubah sewaktu-waktu tergantung pada pihak pengelola.

Lokasi Wisata Simbat Jember

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke wisata Simbat, jangan khawatir tersesat karena akses jalannya relatif mudah. Objek wisata Simbat terletak di RT 1/RW 1 Dusun Krajan, Desa Tamansari, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Dari pusat Kota Jember, kamu bisa langsung menuju Wuluhan yang jaraknya kurang lebih 29 km, waktu tempuhnya sekitar 1 jam saja. Akses jalan saat memasuki Dusun Krajan terbilang belum mulus karena memang tidak beraspal, tapi masih relatif aman, kok.

Walau melalui jalan yang kurang mulus dan berbatu, kamu tidak akan merasa bosan karena disuguhi oleh pemandangan yang memanjakan mata. Sepanjang perjalanan menuju lokasi wisata, kamu akan melihat hamparan sawah bahkan hutan yang masih asri dan menyejukkan.

Tips Berlibur ke Wisata Simbat

Pilih Waktu yang Tepat

Wisata Simbat hanya dibuka pukul 07.00–17.00 WIB. Kalau kamu takut kepanasan dan ingin merasakan hawa sejuk pegunungan, disarankan datang pagi hari atau menjelang sore. Bila datang saat sore hari, kamu mungkin bisa melihat sunset dengan view yang memesona.

Pahami Angle Foto yang Bagus

Saat akan berfoto, carilah angle yang benar-benar pas agar hasilnya terlihat lebih menarik. Misalnya saat berada di ‘sarang burung’ raksasa, cari angle yang tepat agar si objek foto terlihat seperti sedang berada di ketinggian.

Jangan Merusak Properti Wisata

Sebagai pengunjung, kamu wajib ikut mendukung sekaligus menjaga lokasi wisata yang kamu datangi. Jadi, pastikan kamu tidak merusak properti wisata, misalnya dengan tidak memetik bunga-bunga yang ada di sana.

Jaga Kebersihan

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan di manapun kamu berada. Buanglah sampah di tempat-tempat yang sudah disediakan agar wisata Simbat tetap nyaman untuk dikunjungi.

Nah, sekarang tunggu apa lagi? Segera rencanakan liburanmu bersama keluarga atau teman-teman dan kunjungi wisata Simbat Jember. Dengan pemandangan yang cantik dan banyak spot foto menarik, objek wisata yang satu ini dijamin tidak akan mengecewakan.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.